benner bengkulu

Pemkab Muba Gelar Workshop Penyusunan Proposal Inovada – IGA

0 6

Musi Banyuasin,– Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar acara workshop fasilitasi tata cara penyusunan proposal Inovasi Daerah (Inovada) dan proposal inovator di lingkungan Kabupaten Muba tahun 2023, bertempat di ruang rapat Danau Ulak Lia Bappeda Musi Banyuasin Rabu (25/10/2023).

Plt Kepala Bappeda Kabupaten Muba Sunaryo SSTP MM mengatakan, maksud dan tujuan dari acara workshop fasilitasi tata cara penyusunan proposal inovasi daerah / Innovative Government Award (IGA) dan proposal inovator di lingkungan Kabupaten Muba, adalah memberikan gambaran dan penjelasan secara utuh tentang inovasi daerah dan kebijakannya termasuk kriteria pelaporan dan penilaian inovasi daerah.

“Untuk itu Pemkab Muba mengucapkan terima kasih kepada tim dari Badan Penelitian dan Pengembangan Propinsi Sumsel yang berkenan hadir dalam acara ini, sebagai narasumber yang akan berbagi ilmu dan pengetahuan berharga kepada kita semua,”ujarnya.

Sunaryo juga menyampaikan, terlepas dari penghargaan atau insentif inovasi daerah, banyak manfaat yang diperoleh dari inovasi daerah ini, yaitu peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat serta peningkatan daya saing daerah yang pada akhirnya dapat mempercepat terwujudnya Kesejahteraan di Kabupaten Muba.

“Irma Santi Dewi, ST selaku Kepala Balitbang Bappeda dalam laporanya menyampaikan bahwa workshop inovasi daerah ini bertujuan dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah dan peningkatan kapasitas SDM Muba. Muba di tahun 2023 sudah mengikuti beberapa ajang lomba diantaranya lomba inovator tingkat Sumsel dan aplikasi IGA yang diadakan oleh Kemendagri.

“Alhamdulillah, dalam ajang lomba tersebut berhasil mendapatkan beberapa penghargaan dalam kategori camat inovatif (juara I), TP PKK kecamatan inovatif (juara I), masyarakat umum inovatif (juara harapan I serta tenaga medis inovatif (juara harapan II). Sedangkan untuk indeks inovasi daerah masih dalam tahap penilaian,”beber Irma

Sunaryo menambahkan bahwa sesuai arahan Pj.Bupati Apriyadi Mahmud, mengajak agar seluruh perangkat daerah di lingkungan Kabupaten Muba melalui kegiatan worshop ini agar dapat lebih menggali lagi potensi-potensi inovasi di OPD masing-masing sehingga bisa ikut serta dalam ajang lomba innovation government award di tahun mendatang, sehingga Muba dapat memperoleh penghargaan sebagai kabupaten terinovatif.

Workshop ini menghadirkan Narasumber antara lain H.DR.Drs. Alamsyah Kepala Balitbangda dan H.Zulkarnain ,SP, MM kepala bidang Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan Balitbangda propinsi Sumsel. (RLS)

Leave A Reply

Your email address will not be published.