benner bengkulu

Pelantikan Bupati OKU Timur Terpilih Ditunda Hingga Akhir Februari

Plh Bakal Dijabat Sekda

0 183

Martapura, Sriwijayaterkini.co.id-Rencana pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih H. Lanosin, ST dan HM. Adi Nugraha Purna Yudha, SH yang semula akan dilaksanakan pada 17 Februari 2021 ditunda sampai akhir bulan Februari 2021. Sedangkan jabatan Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur akan berakhir pada 17 Februari 2021.

Berdasarkan hasil video conference (vidcon) Pemkab OKU Timur dengan Dirjen Otda Kemendagri pada Senin (15/2/2021), Pelaksana Harian (Plh) Bupati OKU Timur akan dijabat oleh Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Timur, Jumadi, S.Sos.

“Hasil dari vidcon dengan Dirjen Otda kemarin bahwa masa jabatan Bupati lama akan berakhir sebelum waktu pelantikan Bupati terpilih, sementara untuk mengisi kekosongan jabatan akan diisi oleh Sekda setempat,” jelas Jumadi, Selasa (16/2/2021).

Jumadi juga menambahkan, saat ini Pemkab OKU Timur masih menunggu surat tertulis dari Kemendagri dan Pemprov Sumsel terkait penetapan Plh. Bupati.

Plh bupati tidak memiliki kewenangan pengambilan kebijakan.

Namun, apabila ada kebijakan yang harus diambil, maka harus meminta persetujuan dari Kemendagri.

“Plh ini kan prinsipnya hanya melaksanakan tugas sehari-hari, bukan pelaksana tugas pengambil kebijakan,” kata Jumadi. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.