pemprov idul adha
karhutbunlah muba

Panglima Kodam II Sriwijaya Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Beri Tiga Poin Amanat Untuk Prajurit

0 2

Panglima Kodam II Sriwijaya Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Beri Tiga Poin Amanat Untuk Prajurit

Palembang | Sriwijayaterkini.co.id — Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023 kali ini, segenap Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AD se-Garnizun Palembang melaksanakan Upacara yang digelar Kodam II/Swj di Lapangan Apel Makodam II/Swj, Palembang, Kamis (01/06/2023).

Dimana upacara peringatan hari lahir pancasila ini langsung dipimpin Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P, M.B.A., M.Han. sebagai Inspektur Upacara (Irup)

Baca Juga :Satgas Yonif 143/TWEJ dan Dinas Terkait Jemput Bola, Tingkatkan Mutu Hidup Warga Pelosok Kampung Yuruf Keerom

Untuk tahun ini tema yang diusung pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini adalah, “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”

Dalam amanatnya, Panglima TNI Kodam II SWJ menyampaikan bahwa, Peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat,” ujarnya

Dikatakan juga, sebagai prajurit TNI, harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan. Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Panglima TNI berpesan kepada seluruh prajurit untuk selalu menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila, fenomena intoleransi dan polarisasi di tengah masyarakat terus mengemuka. Selain itu perbedaan suku, agama, ras, dan golongan juga terus diangkat guna memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga :Satgas Yonif Raider 200 BN Jalin Komunikasi dan Bantu Perekonomian Warga dengan Cara Ini

Mengakhiri amanatnya Panglima TNI menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh prajurit, yakni.

TNI adalah garda terdepan dan benteng terakhir NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pegang teguh sumpah dan janji kalian untuk selalu setia kepada NKRI. Jangan terpengaruh dengan upaya memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Terlebih saat ini tahapan Pemilihan Umum serentak telah dimulai. “Untuk itu saya perintahkan kalian semua untuk tetap menjaga netralitas TNI”, tegasnya.

Kemudian, Jadilah perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata di lapangan. Tonjolkan persamaan dan kesampingkan perbedaan dalam kehidupan kita sehari-hari baik dalam kedinasan maupun ketika kita berbaur dengan masyarakat.

Terakhir, jaga terus sinergitas TNI dengan Polri, Kementerian, serta Lembaga lainnya. “Sadari bahwa kita adalah bagian dari sistem yang saling membutuhkan, sehingga diperlukan semangat untuk bekerjasama, bersinergi dan bergotong-royong dalam upaya memajukan bangsa”, pungkasnya.

Hadir dalam Upacara Hari Lahir Pancasila kali ini, antara lain Kasdam II/Swj, Irdam II/Swj, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, para Pamen Staf Ahli Pangdam ll/Swj, Asrendam ll/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, LO TNI AL dan LO TNI AU, dan para Dan/Kabalakdam II/Swj. (Rill)

Leave A Reply

Your email address will not be published.