benner bengkulu

Kantongi 10 Suara, Iqbal Rudianto Jadi Ketua DKSS periode 2023 -2028

0 9

PALEMBANG | Sriwijayaterkini.co.id – Terjawab sudah siapa yang bakal menakhodai Dewan Kesenian Sumsel (DKSS) di masa mendatang. Iqbal Rudianto, ST alias Didit, Ketua Dewan Kesenian Palembang (DKP) periode 2019 – 2024, ditetapkan sebagai Ketua DKSS periode 2023-2028.

Menurut Ketua Tim verifikasi calon Ketua DKSS periode 2023- 2023, Mgs. Vito Hidayat, penetapan ini dilakukan setelah 12 suara memilih Didit dari 20 suara yang disiapkan panitia. Namun dari 20 hak suara, hingga saat pemilihan digelar, hanya 12 suara yang menggunakan hak suaranya.

Suasana Penutupan Musda VI DKSS Tahun 2023

“Iqbal Rudianto berhasil mendapatkan sepuluh suara dari dua belas suara yang tersedia. Sehingga secara mutlak, ia ditetapkan sebagai Ketua Dewan Kesenian Sumatera Selatan periode 2023-2028,” tegas Vito, usai perhitungan suara di hadapan para saksi dan peserta secara terbuka.

Ditetapkannya Didit sebagai ketua DKSS ini, melalui rangkaian dan tahapan Musda yang berlangsung selama dua hari (11-12 September 2023) di Ruang Mahameru, Hotel Swarna Dwipa Palembang.

Pimpinan sidang terdiri dari Syaran (Dewan Kesenian Lahat), Sumarman dan  Ahmad Muhaimin (demisioner dan panitia). Secara efektif mereka memimpin jalannya persidangan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan, sehingga pada pukul 17.00 WIB, Selasa 12 September 2023, sidang berhasil menetapkan Ketua terpilih, Iqbal Rudianto, ST sebagai Ketua DKSS periode 2023-2028.

Dalam sambutannya, Didit mengajak semua seniman untuk terus menggali dan mengembangkan potensi, yang tujuan akhirnya untuk memajukan Kesenian di Sumatera Selatan.

“Ke depan, dengan terpilihnya saya sebagai ketua DkSS, saya akan meneruskan apa sudah berjalan baik, mengadakan yang belum ada. Mudah-mudahan atas dorongan semangat, dukungan semuanya, masa pengurus yang akan datang bisa berjalan sesuai yang dicita-citakan bersama,” ujar Didit sebagai Ketua terpilih.

Proses dan rangkaian Musda VI Tahun 2023 DKSS di Hotel Swarna Dwipa pada 11 -12 September 2023 ini, diawali dengan menetapkan tata tertib Musda yang dipimpin pimpinan sidang sementara (Pindangtar) dan dilanjutkan dengan pemilihan pimpinan sidang tetap (Pindangtap).

Meskipun terdapat silang pendapat pada rapat pleno pembahasan Anggaran Dasar,  terutama pasal struktur organisasi DKSS, namun sidang tetap berjalan dengan tertib dan saling menghargai antar peserta.

Dalam kondisi itu, semangat kerbersamaan untuk menyelaraskan kebutuhan dan  kepentingan pemajuan kesenian di Sumatera Selatan tergambar pada pernyataan peserta forum sidang pleno .

Ketua Panitia Musda, Ahmad Muhaimin mengungkapkan, beberapa tahapan dan rangkaian Musda berlangsung cukup baik, bahkan penuh keakraban.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi tradisi yang baik untuk prosesi suksesi Dewan Kesenian Sumatera Selatan periode yang akan datang,” ujarnya.

Sebagai rangkaian akhir pelaksanaan Musda VI tahun 2023 DKSS dilaksanakan acara penutupan yang dihadiri beberapa peserta, peninjau, undangan dan ditutup Hj. Megawati, ST, MT, mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan. **

TEKS : A MAULANA | EDITOR : IMRON SUPRIYADI | FOTO : DOK.DKSS

Leave A Reply

Your email address will not be published.