benner bengkulu

Staf, Kader dan Relawan PKBI Sumsel Belajar Menulis Laporan Naratif Berbasis Jurnalistik

0 98

PALEMBANG | SriwijayaTerkini.co.id – Menulis laporan naratif, menjadi salah satu tanggungjawab para staf, kader dan relawan di Perkumpulan Keluarga Berencana (PKBI) Sumatera Selatan (Sumsel).  Guna menambah pengetahuan dan pemahaman menulis laporan naratif yang sesuai kaidah jurnalistik, PKBI Sumsel menggelar pelatihan jurnalistik di Aula Kantor PKBI Sumsel, Jalan Kolonel. H. Burlian Km 6 Palembang, Selasa (5 Desember 2023).

Hadir sebagai pembicara, Jurnalis senior kabarsumatera.com, Imron Supriyadi, S. Ag, M.Hum, yang kini aktif sebagai Sekretaris Umum (Sekum) Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2023-2008. Sebelumnya, Dosen Jurnalsitik pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang ini,  pernah menjadi Ketua Aliansi Jurnalis Indpenden (AJI) Kota Palembang, periode 2009-2011.

Pada acara yang mengusung tema “Pelatihan Jurnalistik dalam Membangun Literasi Media Bagi Staf, Kader dan Relawan” ini diikuti kader, staff dan relawan PKBI Sumsel yang sering melakukan interaksi dan advokasi terhadap sejumlah persoalan yang berkaitan dengan hukum.

Dijelaskan, pelatihan ini menjadi penting, karena staf, kader dan relawan PKBI, sebagaimana disebutkan dalam pkbi.or.id, dalam aktifitasnya PKBI melakukan berbagai kegiatan, diantaranya pemberian informasi dan edukasi bagi anak, remaja, dan keluarga; ikut serta dalam advokasi dan kampanye penghapusan kekerasan seksual; penanggulangan HIV dan AIDS di lndonesia; layanan Keluarga Berencana dan aktif melakukan advokasi untuk pemenuhan hak kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

PEMBUKAAN – Suasana pembukaan “Pelatihan Jurnalistik” di PKBI Sumsel. Tampak Direktur Eksekutif PKBI Sumsel, Nindi Nupita S.E, didampingi Pemateri Imron Supriyadi, S. Ag, M. Hum sedang memberi sambutan. Sejumlah peserta juga sedang mengikuti pembukaan pelatihan, di Aula Utama PKBI Sumsel, Selasa, (5 Desember 2023). Foto. Dok.PKBI Sumsel

Program Officer PKBI Program Inklusi PKBI Sumsel, Imam Pahlevi A.md menjelaskan, tujuan kegiatan ini agar staf, kader dan relawan dapat memperoleh pengetahuan tentang menulis narasi jurnalistik, terutama kode etik dalam penulisan laporan kegiatan, tulisan di media dan narasi kegiatan.

PELATIHAN JURNALISTIK – Imron Supiryadi, S. Ag, M.Hum, Pemimpin Redaksi Media Online KabarSumatera.Com sedang memberi materi di PKBI Sumsel, dalam pelatihan jurnalistik, di Aula Utama PKBI Sumsel, Selasa, (5 Desember 2023). Foto. Dok.PKBI Sumsel

Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif PKBI Sumsel, Nindi Nupita S.E menjelaskan, pelatihan ini juga untuk mendukung penjangkauan program Inklusi melalui sosial media. Sebab menurut Nindi, fungsi media sangat strategis untuk memberikan informasi dan edukasi (pendidikan) bagi masyarakat, termasuk anak dan remaja.

“Oleh sebab itu, PKBI Sumatera Selatan, melalui kegiatan Learning Culture, menjadi sangat perlu menggelar pelatihan ini,” tambahnya.

Lebih lanjut Nindi menjelaskan, tujuan lainnya pelatihan ini, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta dalam penulisan, menarasikan dan menginterpretasikan, dari hasil yang mereka lihat dan mereka dapatkan di lingkungan sekitar, lalu dikembangkan dan dituangkan dalam bentuk tulisan yang sesuai kode etik jurnalistik.

“Melalui pelatihan ini, diupayakan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta, terkait penulisan dan peliputan anak di bawah umur sesuai kode etik jurnalistik,” tegasnya.

Oleh sebab itu, Nindi herharap, agar peserta dapat menyimak dengan baik dan aktif mengikuti semua materi dari narasumber. “Kami berharap, melalui pelatihan ini, staf, kader dan relawan akan bisa memahami tentang cara menulis narasi sebagaimana tulisan jurnalistik. Oleh sebab itu, semua peserta agar bisa menyimak dengan baik, materi yang disampaikan pemateri,” ujarnya.

Pada pelatihan ini, PKBI Sumsel menghadirkan trainer jurnalistik, Imron Supriyadi, S. Ag, M. Hum, Pemimpin Redaksi Media Online KabarSumatera.Com yang berkantor di Palembang. Pelatihan berlangsung, mulai pukul 09.30 WIB-13.30 WIB, diakhiri dengan foto bersama.**

TEKS : TIM PKBI SUMSEL |EDITOR : REDAKSI KS/is | FOTO : DOK.PKBI SUMSEL

Leave A Reply

Your email address will not be published.