benner bengkulu

Herman Deru Resmikan Akses Jalan Penghubung OKU Timur-OI Sepanjang 68 KM

0 12

OKU TIMUR | SriwijayaTerkini.co.id – Mobilitas perekonomian masyarakat di dua Kabupaten yakni OKU Timur dan Ogan Ilir diyakini dapat semakin meningkat.

Hal itu, setelah Gubernur Sumsel H. Herman Deru kembali meresmikan akses jalan Cempaka OKU Timur – SP. 2 Tanah Abang Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu (16/9) petang.

Dibangunnya jalan sepanjang 68 KM tersebut, tentu memperpendek waktu tempuh.

“Jadi akses jalan Cempaka – Muara Kuang tidak lagi harus kita tempuh melalui akses jalan memutar melewati Kota Kayuangung. Ini semata-mata untuk memperpendek jarak sehingga mobilitas masyarakat semakin cepat,” katanya.

Diketahui, pembangunan akses jalan tersebut menggunakan dua sumber dana seperti Bantuan Gubernur bersifat khusus (Bangubsus) tahun anggaran 2019-2023 senilai Rp.759.850.000.000 dan APBD tahun anggaran  2019-2023 senilai Rp. 758.607.029.592.

“Jalan yang dibangun ini tentu akan sia-sia jika tidak dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Herman Deru berharap, rampungnya akses jalan ini dapat menjadi pemantik semangat masyarakat untuk meningkatkan perekonomian di daerahnya masing-masing.

“Ini dapat menjadi akses untuk mempercepat tukar menukar komoditi. Pengiriman hasil pertanian dan perdagangan dapat semakin cepat tiba di lokasi tujuan. Dan yang utama adalah menghemat biaya operasional,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUBM-TR Provinsi Sumsel M. Affandi menjelaskan, jika pembangunan jalan tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2019.

“Ini memang jalan baru, karena sebelumnya jalan ini tidak ada. Bahkan sejak desa ini berdiri,” katanya.

Menurutnya, di masa kepemimpinan Gubernur Herman Deru dan Wakil Gubernur Mawardi Yahya, pemerataan pembangunan masif dilakukan.

“Ini bukti aksi nyata di sektor pembangunan daerah yang dilakukan di masa kepemimpinan HDMY. Dampak pembangunan ini yakni peningkatan ekonomi kedua wilayah,” tuturnya.

Dia menyebut, pembangunan ini dilakukan secara bertahap sejak tahun 2019 hingga tahun 2023.

“Kita harap jalan ini mempercepat mobilitas ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Wabup OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha dan Ketua Kormi Sumsel Hj. Samantha Tivani Herman Deru.

Leave A Reply

Your email address will not be published.