Datangi Kantor Bupati, Lima Desa Tolak hasil Pilkades

0 40

Banyuasin | Sriwijayaterkini.co.id – Gerakan Masyarakat Peduli Pilkades Banyuasin mendatangi kantor Bupati Banyuasin soal dugaan Pilkades curang, Senin (13/12/2021).

Selaku Koordinator Aksi, Dedi Irawan meminta pemilihan ulang di beberapa desa dalam Kabupaten Banyuasin.

Desa yang diduga bermasalah dan menyanggah hasil Pilkades menurut dia ada lima desa yaitu Desa 1. Desa Muara Padang Kecamatan Muara Padang, 2. Desa Sumber Makmur Kec. Muara Padang , 3. Desa Sidomulyo Kec. Muara Padang ,4. Desa Rimba Jaya Kec. Air Kumbang , 5. Desa Prajen Kecamatan Banyuasin I.

Dalam tuntutan aksi dengan membawa spanduk bertuliskan “DPRD Kami minta Keadilan. PMD jangan tutup mata, Pilkades Ulang adalah Demdekas, Pak Bupati tolong Bantu Kami, Kami tidak mau dibohongi panitia, Pilkades curang kami siap perang, Dimana Keadilan, Bupati tolong diperhatikan masalah kami, Aksi tolak Pilkades ulang, kepada Bupati yang terhormat Tolong diulang proses pemilihan pilkades karena banyak terjadi kecurangan yang dilakukan panitia pelaksana di desa kami, Hentikan pengangkatan Kades terpilih besok karena banyak kecurangan pada saat proses pemilihan, Stop seluruh rangkaian tahapan proses SK pelantikan kades terpilih karena masih bersengketa, Kami meminta pemilihan Kepala Desa dipilih ulang karena tidak mengacu dengan perbup Banyuasin nomor 115 tahun 2017”.

“Dengan demikian kami menunggu keseriusan Pemkab Banyuasin dalam menanggapi seluruh tuntutan aksi,” ucap Dedi dalam orasinya.

Selain itu, penyampaian tuntutan dari Febi, Iswandi, Iwan, Sukimin, Pendi Kuyen, Raden Mahat (Kordinator Lapangan) menghendaki, Batalkan hasil pemilahan kepala Desa yang terpilih, Mendiskualifikasi calon Kepala Desa dipilih yang melakukan kecurangan, Meminta pemilihan ulang Calon Kepala Desa, Melarang kepala Desa yang sudah didiskualifikasi untuk mengikuti pemilihan Kepala Desa.

Sementara Bupati Banyuasin melalui Hasmi, S.sos.,M.si (Asisten I Pemerintah Banyuasin) didampingi Drs. Indra Hadi, M.si (Kasat Pol-PP Banyuasin), Badri (Perwakilan PMD Banyuasin), AIPTU Sopian(Kanit KAM Polres Banyuasin), AIPDA Hendru (Kanit Ekonomi Polres Banyuasin), meminta untuk perwakilan para massa diarahkan untuk perwakilan 6 orang untuk melakukan audiensi bersama di ruang Rapat Wakil Bupati Banyuasin.

Dan hasil dari Audiensi, Bahwa akan dibentuk Tim dalam pembahasan tuntutan dan dirinya langsung akan menyarankan kepada Sekda untuk membentuk Tim Lapangan yang bertujuan membuktikan secara langsung terdiri dari Inspektorat dan DPMD Kabupaten Banyuasin.

(Denny)

Leave A Reply

Your email address will not be published.