Kemenag Sumsel Siapkan Langkah Jitu Untuk Tingkatkan Pelayanan KUA.
LAHAT, Sriwijayaterkini.co.id – Pelaksana Tugas ( PLT) Kakanwil Kemenag Sumsel H. Abadil M.Si menjadi narasumber Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Layanan KUA berbasis IT di Hotel Grand Zuri Lahat, Selasa (11/8). Dalam kesempatan tersebut, Abadil menjelaskan tekad Kemenag untuk mewujudkan kantor KUA ( Kantor Urusan Agama ) yang bersih dan siap melayani.
Abadil menerangkan, saat ini di Sumsel terdapat 232 KUA dengan rincian, KUA yang memiliki lahan dan gedung sendiri sebanyak 146 lokasi, lahan dan gedung sewa/pinjam berjumlah 58 lokasi, serta lahan dan gedung wakaf sebanyak 28 lokasi. Di antara 232 KUA tersebut, yang menggunakan sistem informasi mengelola nikah (Simkah) web ada 166 KUA.
“KUA Kecamatan memang masih memiliki sejumlah problematika. Sebut saja masih ada KUA yang belum miliki lahan dan gedung sendiri, sumber daya manusia yang masih kurang, serta sarana transportasi KUA wilayah perairan yang masih memprihatinkan,” terangnya.
Abadil menambahkan, kondisi ini justru memotivasi Kemenag Sumsel untuk terus berbenah serta memperbaiki peningkatan dan layanan KUA. Penguatan terus dilakukan terutama menuju profesional, transparan, partisipatoris, digitalisasi, dan accesable (mudah di akses).
” Ada beberapa langkah penguatan layanan KUA, diantaranya dengan penerapan zona integritas, meningkatkan kinerja penghulu dalam penanganan permasalahan pernikahan, meningkatkan kemampuan pegawai dalam bidang IT, peningkatan layanan nikahm melalui pengembangan aplikasi SIMKAH untuk meningkatkan birokrasi dan meminimalisir pungli di KUA, optimalisasi pelaksanaan standar operasional prosedur (SOP), serta membangun standar bangunan KUA melalui dana SBSN” ungkapnya.
Melalui langkah-langkah tersebut, Abadil berharap memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi layanan, menurun pungli, meningkatkan kedisiplinan terhadap peraturan perundang-undangan, meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan.
Dalam kesempatan ini, hadir pula Kasubbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Sumsel Dr.H.Saefudin M.Si. Dalam acara Bimbingan Teknis ini Saefudin menegaskan, tim IT humas akan meningkatkan semua pelayanan publik dan mensupport semua layanan publik di Kemenag Sumsel berbasis IT. “Pemanfaatan teknologi informasi dalam penguatan layanan publik memang semua hal yang penting dan itu merupakan tuntutan masyarakat serta hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang baik” tutur Saefudin.(sidik)