pemprov ramadhan
spanduk ramadan banyuasin
karhutbunlah muba

Dinas Pertanian Kota Prabumulih Sukses Budidayakan Tanam Jagung

0 34

Prabumulih | Sriwijayaterkini.co.id – Kegiatan penyuluhan dapat terlaksana jika ada kerjasama antara petani dan penyuluh. Penyuluh dapat membentuk kelompok tani berdasarkan kebutuhan petani, dimana kelompok tani yang terbentuk akan mempermudah penyampaian informasi,

Kegiatan penyuluhan pertanian berjalan dengan lancar karena ada kesadaran dari petani itu sendiri untuk menjalin kerjasama yang baik dengan penyuluh dan juga dengan dinas yang terkait yaitu dinas Pertanian untuk materi yang diberikan sesuai dengan usaha tani tentang komoditi jagung dan lainnya.

Kepala Dinas Pertanian (Alpian) mengatakan, untuk saat ini pihaknya telah melakukan budidaya jagung yang telah dijalankan melalui penyuluh dan juga petani, Selasa (11/10/2022).

“Adapun untuk penggarapan lahan tanah budidaya jagung ini dari pihak dinas pertanian sudah menyiapkan ada 6 traktor agar bisa dimanfaatkan oleh kelompok tani yang membutuhkan atau pinjam pakai untuk penggarapan lahan pertanian dalam bentuk budidaya jagung, ubi, nanas dan lain lain,” ucapnya.

Salah satunya keberhasilan dari petani kota Prabumulih, Mintaria yang juga sebagai penyuluh swadaya kecamatan Cambai ini mengatakan, keberhasilan dalam meningkatkan perekonomian petani kota Prabumulih untuk saat ini bisa dibilang berhasil.

“Kita telah memanen jagung sudah sebanyak 5 kali sebagai langkah awal kita dalam budidaya jagung ini. Adapun dalam sekali panen dengan lahan 1/4 hektar kita bisa menghasilkan 2,5 Ton bahkan lebih dalam sekali panen, Budi daya jagung ini bisa panen sebanyak 3 kali panen dalam satu tahun.apalagi untuk saat ini harga jagung diharga yang sangat bagus bisa mencapai Rp 5500/ kg,” terangnya.

Mintaria pun berharap sebagai penyuluh pertanian di kota nanas ini agar budidaya jagung ini kedepannya digalakkan kepada semua lapisan masyarakat yang mempunyai lahan kosong agar bisa di manfaatkan demi menunjang perekonomian bagi masyarakat terkhususnya para petani yang ada kota Prabumulih yang kita cintai ini,” ujarnya dengan sangat Antusias.
(RN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.