Unlocking the Power of English: Tips and Strategies for Effective Language Learning and Global Communication

0 183

PALEMBANG, SriwijayaTerkini.co.id – Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang penting dan banyak digunakan di seluruh dunia. Bahasa ini digunakan dalam berbagai bidang, seperti bisnis, teknologi, ilmu pengetahuan, seni, dan pendidikan.

Karena itu, kemampuan untuk berbahasa inggris sangat penting dalam kehidupan modern, baik untuk keperluan pribadi maupun professional.

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional, bahasa ini harus diperkenalkan kepada anak-anak untuk meningkatkan minat dan motivasi anak-anak agar memperlajarinya lebih awal.

Coba bayangkan ketika kita sedang berada di luar negeri sementara kita tidak bisa berbahasa Inggris atau bahasa internasional lainnya, kita pasti akan kesulitan di Negara-negara asing.

Sosialisasi bahasa Inggris merupakan proses pembelajaran dan pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan social tertentu, seperti keluarga, sekolah, atau masyarakat. Proses sosialisasi ini dimulai sejak dini dan terus berlanjut sepanjang kehidupan.

Pengabdian masyarakat adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan maksud baik yaitu untuk menolong tanpa mengharapkan imbalan apapun. Kegiatan yang dilakukan tentu akan bermanfaat bagi masyarakat.

Salah satu jenis program pengabdian adalah sosialisasi yang bertujuan untuk peningkatan pengetahuan. Sebagai agent of change mahasiswa harus mengambil peran aktif dalam pengabdian ini sebagai penyambung estafet generasi kedepannya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Polik Universitas Sriwijaya, telah melaksanakan sosialisasi “Learn English Together kepada Siswa-Siswi SDN 15 Pemulutan”.

Learn English together merupakan project social mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Sriwijaya(22) yang dilaksanakan di SDN 15 Pemulutan dengan mengangkat tema fun study, yaitu belajar bahasa inggris dengan konsep yang menarik, menggunakan media video animasi yang disukai oleh anak-anak dan tentunya dengan harapan agar anak-anak mudah memahami dan antusias dalam belajar bahasa inggris.

Didasari dengan kesadaran akan pentingnya memperlajari bahasa inggris sejak dini yang tentunya akan berguna di masa mendatang.
Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan agar para siswa/i SDN 15 Pemulutan dapat tertarik dan punya keinginan untuk mempelajari lebih dalam lagi tentang bahasa inggris.

Salah satu latarbelakang adanya sosialisasi ini yaitu agar menarik perhatian dan menumbuhkan rasa ingin belajar bahasa inggris bagi anak-anak serta memudahkan dan membiasakan anak-anak belajar bahasa inggris untuk memudahkan mereka kedepannya.

Sosialisasi bahasa inggris di SDN 15 Pemulutan ini diharapkan juga memberikan motivasi bagi guru-guru yang mengajar agar dapat terus memberikan pembelajarab bahasa inggris ke siswa/i yang masih belum terlalu mengenal pembelajaran bahasa inggris.

Namun perlu diingat bahwa mempelajari bahasa inggris bukanlah suatu alasan untuk melupakan bahasa Indonesia yang merupakan jati diri bangsa Indonesia.

Learn English Together adalah projek guna menambah wawasan tentang pentingnya dan serunya belajar bahasa inggris.

Mengusung tema fun study dengan metode belajar yang disukai oleh anak-anak yaitu dengan animasi bergambar populer disertai dengan lagu ceria dan kuis seputar bahasa inggris yang dikemas sesimple mungkin agar anak-anak mudah mengerti dan membuat anak-anak menjadi antusias untuk belajar bahasa inggris.

Projek social ini juga bertujuan agar minat berbahasa inggris pada generasi muda bisa tumbuh dan membuat mereka tertarik untuk mendalami salah satu bahasa internasional ini.

Mengingat banyaknya interview kerja bekerja di perusahaan besar menggunakan bahasa inggris apalagi di Indonesia sendiri perusahaan multinasional sudah bertebaran dimana-mana.

Seperti yang sudah dituliskan diatas bahwa bahasa inggris berperan besar dalam peningkatan karir. Tapi tentu saja penggunaan bahasa inggris harus bisa disesuaikan dengan tempat dimana kita berada, jangan sampai krisis identitas menyerang bangsa ini. (YL/Rill)

Leave A Reply

Your email address will not be published.